Monday, February 22, 2016

Apa Itu Moodle

Sebuah pertanyaan besar yang pernah muncul di kepala saya yaitu Apa sih itu moodle.? setelah mencari-cari dan bertanya kepada dosen saya, akhirnya saya bisa memahami apa itu moodle.



Moodle adalah sebuah sebuah perangkat lunak yang dirancang khusus guna membantu sebuah institusi atau sejenisnya dalam proses belajar mengajar secara online Learning Management Sistem.

moodle berbasis CMS atau Course Menagement System yang mirip dengan Worpress,Joomla dan cms lainnya.  Moodle sendiri sudah banyak digunakan oleh universitas,sekolah dan lembaga pengajar diseluruh dunia termasuk di indonesia.

timbul pertanyaan baru, apa itu CMS.? Course Management System merupakan sebuah aplikasi yang berbasis web sehingga aplikasi ini dapat di akses menggunakan browser. Dan juga cms dapat membantu dosen dalam memberikan materi pelajaran yang lebih komplit kepada mahasiswa dengan memberikan hak akses kepada semua mahasiswa yang di ajarnya. 

Ada beberapa alasan kenapa CMS itu baik digunakan dalam sistem pengajaran di dalam sebuah institusi atau lembaga : 

  • Perkuliahan yang lebih membaik
    Maksudnya adalah dengan adanya cms moodle ini, proses perkuliahan
    dapat berjalan dengan seEfisien dan efektif mungkin, materi-materi yang
    ada di perkuliahan dapat di download oleh semua maha siswa pada akun moodle mereka, agar mereka dapat mempelajarinya secara lanjut
  • Permintaan dari mahasiswa
    Seperti yang kita ketahui bersama bahwa revolusi teknologi yang begitu cepat membuat mahasiswa semakin mengenal dunia teknologi yang artinya segala sesuatu sudah bisa didapat dengan mudah termasuk materi-materi pelajaran-pelajaran yang ada di perkuliahan, apa lagi di era Smartphone saat ini, jangan di tanya lagi dah, pasti pada tahu jawabannya.

    ya semua berkas bisa dibawa kemana-mana salah satunya dengan memanfaatkan cms moodle.
  • Sebenarnya masih banyak lagi alasan-alasan yang berkaitan tapi yang saya pahami hanya dua. jadi jika sobar nuugler memiliki alasan lain silahkan tulis dikolom komentar.

Hampir lupa, moodle diciptakan oleh Om Martin Dougiamas, om martin merupakan seorang pakar komputer yang menghabiskan waktunya untuk mengembangkan CMS moodle di sebuah universitas, di Australia, dan saat ini om martin telah fokus pada cms yang dia kembangkan.

No comments:

Post a Comment

Berkomentar dengan sopan