Thursday, March 12, 2015

Teknologi Robot Dan Sejarah Perkembangannya

Seringkali kita mendengar kata robot atau Teknologi Robotic, nah yang menjadi pertanyaan adalah apa itu robot.? kenapa dikatan robot.? dan kenapa robot bentuknya hampir seperti manusia.

dari beberapa pertanyaan di atas, mungkin pernah muncul di benak atau pikiran sobat. sebenarnya robot itu apa sih.?

Robot menurut Om Wiki adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, seperti manusia walaupun tidak semuanya dapat dikerjakan .
sedangkan pendefinisian singkat tentang robot adalah Kecerdasan Buatan.

yang dimana kecerdasan pada robot di buat sedemikian rupa sehingga dapat melakukan pekerjaan fisik seperti meniup terompet,bermain biola,memasak dan bahkan dengan dukungan teknologi super canggih yang ada sekarang ini, robot-pun dibuat berbicara. luar biasa bukan.

Apa Itu Robot

Seperti yang telah dijelaskan diatas, robot adalah alat mekanik yang memiliki kecerdasan walaupun kecerdasan tersebut adalah kecerdasan Buatan.

istilah robot ini sendiri berasal dari bahasa ceko yang artinya Robota sedangkan kata robota jika diartikan dalam bahasa ceko artinya adalah pekerja yang tidak mengenal kata lelah ataupun bosan.

dari penjelasan diatas, sobat nuggler mungkin sudah memiliki gambaran tentang apa itu robot.? 

Sejarah Robot 

Perkembangan robotika pada awalnya bukan dari disiplin elektronika melainkan berasal dari ilmuwan biologi dan pengarang cerita novel maupun pertunjukan drama pada sekitar abad XVIII. 

Para ilmuwan biologi pada saat itu ingin menciptakan makhluk yang mempunyai karakteristik seperti yang mereka inginkan dan menuruti segala apa yang mereka perintahkan, 

dan sampai sekarang makhluk yang mereka ciptakn terssebut tidak pernah terwujud menjadi nyata, tapi matrak menjadi bahan pada novel-novel maipun naskah sandiwara pangung maupun film.

Baru sekitar abad XIX robot mulai dikembangkan oleh insinyur teknik, pada saat itu berbekal keahlian mekanika untuk membuat jam mekanik mereka membuat boneka tiruan manusia yang bisa bergerak pada bagian tubuhnya.

Pada tahun 1920 robot mulai berkembang dari disiplin ilmu elektronika, lebih spesifiknya pada cabang kajian disiplin ilmu elektronika yaitu teknik kontrol otomatis.
tetapi pada masa-masa itu komputer yang merupakan komponoen 
utama pada sebuah robot yang digunakan untuk pengolaan data masukan dari sensor dan kendali aktuator belum memiliki kemmpuan komutasi yang cepat selain ukuran fisik komputer pada masa itru masih cukup besar.
Robot-robot cerdas mulai berkembang pesat seiring berkembagnya komputer pada sekitar tahun1950-an. 

Dengan semakin cepatya kemampuan komputasi komputer dan semakin kecilnya ukuran fisiknya,maka robot-robot yang dibuat semakin memiliki kecerdasan yang cukup baik untuk melakukan pekerjan-pekerjan yang biasa dilakukan olaeh manusia. 

Pada awal diciptakaanya, komputer sebagai alat hitung saja, perkembangan algoritma pemrograman menjadikan komputer sebagai instrumentasi yang memiliki kemammpauankemampuan seperti otak manusia. 

Artificial intelegent atau kecerdasan buatan adalah algoritma pemrograman yang membuat komputer memiliki kecerdasan seperti manusia yang mampu menalar, mengambil kesimpulan dan keputusan  berdasarkan pengalaman yang dimiliki.
ada juga nih sob Robot Industrii.?? apa lagi tuuhh..

Dari penamaanya saja sudah jelas ya sob, kalau robot industri pasti robot yang kerjaannya di lingkungan industri. Robot industri biasanya digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas yang berat dan berulang-ulang. waah luar biasa ya robot industri ini.

selain dari pada itu, robot industri juga biasanya membantu manusia dalam mengarungi dan menyelam di samudra yang bisa dibilang sangat dalam. dan tidak hanya itu Robot industri juga digunakan untuk membantu kegiatan manusia menjelajahi luar angkasa. dan masih buanyak lagi

Ok sobat Nuugler. tadi itu adalah penjelasan singkat tentang apasih itu robot. dan semoga penjelasan diatas dapat membuka wawasan dan menambah pengetahuan baru sobat tentang Teknologi Robot.

No comments:

Post a Comment

Berkomentar dengan sopan