Saturday, January 24, 2015

Motherboard Beserta Komponennya

Motherboard atau Mainboard merupakan papan induk yang dimana tempat terpasangnya berbagai macam komponen-komponen komputer yang saling terhubung satu sama lain menggunakan Sirkuit/Lintasan pada mainboard.
Pada Motherboard,terdapat berbagai macam slot dan port yang digunakan menghubungkan berbagai jenis perangkat komputer.seperti Socket Prosesor,Slot RAM,Kartu VGA,Kartu Jaringan DLL. 

Tapi sebelum kita beranjak ke Motherboard Asus Terbaik. mungkin ada kalanya sobat membaca penjelasan tentang mainboard,agar wawasan sobat lebih terbuka lebar tentang si Papan Induk Ini.

APA ITU MOTHERBOARD

Seperti yang telah dijelaskan,tapi engga apa-apa yaaa kalau dijelaskan lagi supaya sobat lebih paham dan tau apasih itu mainboard.? kenapa dikatan mainboard.?

Ada berbagai macam pengertian tentang mainboard / motherboard,salah satunya pada penjelasan yang tadi. tapi ada satu penjelasan lagi tentang Si Motherboard. 

Motherboard yang merupakan komponen utama dari suatu perangkat komputer dimana papan sirkuit terpasang sebagai penghubung berbagai perangkat komputer. seperti Program penggerak (Chip Bios) dari suatu komputer ke komputer lainya

Ok.. Jika sobat sudah paham betul akan si Motherboard. mari kita lanjut ke tahab berikutnya yaitu.mengenal komponen motherboard.

yang dimana artikel tersebut membahas tips dan trick megatasi laptop cepat panas.jadi bagi sobat yang mengalamai masalah serupa,mungkin artikel 1001 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dapat membantu sobat.

Fungsi dari Si Motherboard adalah tempat dimana terpasangnya berbagai macam komponen komputer yang berupa perangkat keras. biasanya berupa Chip,Kartu,Baterai Dan Lain-Lain.


KOMPONEN MOTHERBOARD

Setelah membahas APA ITU MOTHERBOARD.? Kali ini sobat akan diajak untuk mengenal lebih dekat komponen-komponen yang terdapat pada motherboard.

Sobat Nuugler yang Baik Hatinya.. komponen motherboard terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya :
  
  1. Chipset

    Chipset Merupakan Komponen paling utama dari sebuah motherboard,karena Chipset adalah penghubung Interfaces antara Prosesor dan komponen motherboard yang lainya.
  2. Socket

    Mungkin.? sobat pernah bertanya dalam hati,Perbedaan Socker Dan Slot Apa yaa.?

    sebenarnya.. Socket Dan Slot sama, hanya saja Socket lebih mengarah ke bagian dimana Prosesor terpasang.

    Sedangkat Slot merupakan istilah umum,seperti Slot AGP,Slot VGA,dan Slot-Slot Yang Lain.
  3. Socket Prosesor

    Prosesor atau otak dari suatu komputer,memiliki peran untuk mengendalikan si komputer, Ya Iyalah.. Namanya juga Otak.
    Socket merupakan tempat dimana Si Prosesor terpasang supaya dapat terhubung dengan Komputer dan memonitoring perangkat lainya.
  4. Races / Lintasan

    Reces merupakan lintasan keluar masuknya suatu data sehingga data yang melintas dapat di proses oleh komponen komputer yang lain.

    seperti ketika sobat hendak mencetak sesuatu pada komputer.
    Races terdapat pada bagian dasar motherboard.dan bentuknya meyerupai lintasa. Namanya juga Races.

  5. Slot Memory

    Memory pada komputer dibagi menjadi beberapa jenis, tapi disini,Nuugler ingin membahas lebih detail tentang Slot memory RAM.

    Slot Memory RAM yang terdapat pada motherboard,memiliki bentuk lebih panjang dan biasanya berwarna Kuning atau putih,tapi ada juga yang berwarna biru, tergantung dari Si Providernya.
    Slot Ram berfungsi untuk menghubungkan Memory Ram dengan komputer supaya Si komputer dapat menyimpan data didalam RAM.
  6. Slot VGA
    Slot VGA merupakan Slot yang berfungsi untuk menghubungkan Kartu VGA (Video Graphic Adapter) dengan komputer sehingga tampilan pada layar komputer menjadi lebih hidup.
  7. Slot Expansion

    Slot ini bisa dikatan sebagai slot cadangan, kenapa dikatakan demikian.?? karena slot ini berfungsi untuk menerima perangkat tambahan seperti,- Sound Card,Tv Tunner dan perangkat tambahan lainya.
  8. Port PS2

    Port PS2 merupakan jembatan penghubung antara mouse dan keyboard ke komputer. dengan kata lain.. Port PS2 adalah port yang berfungsi untuk menghubungkan mous,keyboard sehingga dapat dioperasikan di komputer.
  9. Port USB

    Universal Serial Bus yang dikenal dengan sebutan USB, Port USB adalah Port penghubung USB ke komputer,seperti USB Wireless,Modem,Flashdisk Dan USB lainya.
  10. Port LAN

    Komponen Motherboard yang satu ini digunakan untuk menghubungkan Kable LAN seperti Konektor RJ 45 supaya komputer dapat terhubung dengan ke jaringan internet atau jaringan Lokal.
  11. Port Audio
    Komponen Motherboard ke sepuluh yaitu Port Audio yang merupakan port penghubung audio ke komputer. Audionya berupa Speaker.
  12. Baterai CMOS

    Complimentary Metal Oxide Semoconduktor (CMOS) - komponen motherboard kita selanjutnya adalah Baterai CMOS yang merupakan baterai kecil berfungsi sebagai penyalur tenaga pada sebuah memory mini yang mengatur dan menyimpan pengaturan pada komputer.
    Baterai CMOS menyalurkan tenaga kepada memory kecil agar settingan waktu dan tanggal tetap pada pengaturan awal. #Menuru Nuugler
  13. Chip Bios

    Hampir lupa sebenarnya.. Basic Input Output System disingkat BIOS adalah komponen komputer berbentuk Chip kecil.. namanya juga Chip.? pasti kecil.
    Bios berfungsi untuk menyimpan antar muka atau interfaces antara Sistem Operasi dan Hardware atau perangkat keras. serta menyimpan perangkat lunak yang nantinya akan mengontrol si Hardware.
Huuff.. Capek juga Sob. 

Number List diatas merupakan komponen Motherboard yang saya ketahui dan jika sobat masih butuh informasi seputar komponen komputer silahkan kunjungi Om Wiki

Sobat Nuugler yang baik hatinya.. sampai disini dulu pembahasan kita tentang  
Motherboard Beserta Komponennya.

1 comment:

Berkomentar dengan sopan